naik2 ke puncak gede

September 2006, akhir

Setelah lama berencana, kesampaian juga naik gunung bareng crew sekantor. Gede jadi pilihan karena “konon” treknya mudah. Problemnya sih, yang ikut kebanyakan belum punya pengalaman naik gunung. Atau pernah punya pengalaman tetapi usia sudah tak muda lagi. Terpaksa beban barang bawaan sebagian dibagi rata. Sebagian lagi dibawa para pembawa tas carrier gede.

Meskipun sempat bete karena tersendat perijinan, berhasil berangkat dan suasana masih kompak. Tetapi lama-lama terpencar. Ada yang di depan, ada yang di tengah, ada yang di belakang. Dengan berbagai macam alasan, memang tidak mungkin juga sih selamanya berkelompok. Masalahnya jarak antar kelompok cukup jauh.

Trek yang katanya gampang, tetapi tetap saja berat buat pemula. Apalagi waktu naik tanjakan setan yang sling-nya putus. Untung ada beberapa pendaki yang kebetulan berada di situ ikut membantu. Sebelum ketemu tanjakan aslinya seorang temenku berseru. “Cuma kayak gini ya tanjakan setan enggak ada apa-apanya.” Tapi begitu tebing curam terpampang, meskipun tak terlampau tinggi, baru terbengong. (note: sebenarnya ada jalur lain yang lebih mudah dan bisa dilalui para pendaki).

Tapi akhirnya sampai juga puncak juga, setelah ngecamp dulu semalam. Makanya jadi enggak sempat nginap di puncak atau suryakencana.

Turun dari puncak hari sudah gelap. Sehingga medan pun terasa berat karena otot juga sudah capek dan mengejang. Sampai di bawah dini hari. Ada yang sukses masuk warung padang dan menginap di hotel. Tetapi beberapa orang yang turun paling belakang pun terpaksa tidur di emperan karena kelelahan dan tidak kuat lagi berjalan.

Seru dan menjadi pelajaran berharga. Kata-kata seorang temanku ternyata terbukti. “Dalam pendakian ego manusia biasanya muncul dan lebih mementingkan diri sendiri. Itu sifat aslinya yang sangat mungkin muncul. Tetapi bisa juga semakin mempererat kerjasama dan persaudaraan. Kamu harus memilih salah satu,” atau dengan kata lain “Kalau mau tahu sifat asli orang, ajaklah naik Gunung,”

potograph by mince & emshol

catatan foto:

(1) tersadar dengan kekerdilan. (2,3) walk & rest. (4) tanjakan setan! (5) on the top of themountain. (6,7) panorama puncak. (8) senja di suryakencana.

before1.jpgbefore.jpgdoa.jpg

jalan.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s