pakan kucing

PILIH PAKAN KUCING
MAU KERING ATAU BASAH? TERSERAH

Gendang gendut tali kecapi. Kenyang perut senanglah hati. Benarkah sekedar kenyang, bisa bikin hati senang?

Pakan kucing banyak macamnya. Semua tersedia tinggal pilih yang mana. Mau yang aromanya sedap, silakan. Mau yang bikin gigi bersih, tak dilarang. Atau mau meracik sendiri? Boleh juga. Tapi satu hal yang jadi pegangan. Selain kenyang, si pus enggak boleh kekurangan gizi.

Kadar air

Pakan ‘pabrikan’ buat kucing dibedakan menjadi tiga kelompok utama. Jenis yang pertama adalah pakan basah (wet food). Pakan basah berwujud makanan kaleng. Kadar air yang terkandung cukup tinggi, sampai 75%. “Aroma pakan basah lebih enak,” ujar Pipit Tanner dari Purrfection Cattery.

Kitten yang baru belajar makan umumnya dikasih pakan basah. Kadar air tinggi membuatnya lebih mudah dicerna. Pakan basah sangat baik untuk menguatkan tulang dan otot. Tapi pakan basah cepat menimbulkan karang gigi. “Jadi harus sering sikat gigi,” ujarnya.

Jenis yang kedua adalah pakan kering (dry food). “Kandungan airnya sangat rendah, sekitar 5%,” ujar Pipit. Pakan ini berwujud biskuit dengan aneka ukuran dan bentuk. Pakan kering paling banyak dipakai oleh para hobiis dan breeder.

Pakan kering punya banyak kelebihan. Salah satunya adalah mudah disimpan. Selain itu pakan kering tak menyebabkan karang gigi. Bahkan membantu menjaga kebersihan gigi. “Sekalian sikatan waktu ngunyah,” ujar breeder kucing persia di daerah Cipete itu.

Jenis lain adalah pakan semi kering (semi-dry/moist). Kadar airnya sekitar 25%, baunya cukup sedap. Layaknya pakan kering bentuknya mirip biskuit. Hanya teksturnya lebih empuk karena kadar airnya lebih tinggi. “Jenis ini jarang ditemukan di dalam negeri,” ujar wanita yang pernah menimba ilmu di negeri Paman Sam itu.

Gizi sesuai

Pakan untuk kitten dan adult juga berbeda. Maklum kebutuhan gizi kucing anakan dan dewasa tidak sama. Hidangan untuk anakan pus dibawah setahun wajib mengandung protein antara 31-35%. “Soalnya protein penting untuk pertumbuhan,” ujar Pipit.

Sementara bagi yang sudah cukup umur, protein sedikit lebih rendah. Baiknya pakan meong dewasa mengandung protein antara 28-31%. “Bagusnya sih yang proteinnya 30%,” saran Pipit.

Untuk kucing yang terlalu endut, tersedia pakan khusus. “Ada makanan spesial diet,” tambah ibu berputri satu itu. Kandungan proteinnya rendah, makanya disebut light food. Pakan ini memang dibuat untuk menurunkan berat.

Home made

Selain pakan buatan pabrik. Ada juga pakan home made yang diracik sendiri oleh catlover. Bahan dasarnya adalah ikan atau daging. Umumnya pakan home made kandungan gizinya kurang sesuai. Padahal, si manis butuh gizi agar pertumbuhan dan kesehatannya prima.

Ada kandungan gizi tertentu yang tak terkandung dalam pakan buatan sendiri. Semisal taurine, zat ini harus ada dalam makanan. Soalnya kucing tak mampu memproduksinya dalam jumlah yang cukup. Padahal asam amino ini sangat dibutuhkan kucing semisal untuk mengatur detak jantung.

“Kalau mau bikin yang gizinya lengkap susah,” ujar pipit. Peracikan harus menyertakan berbagai vitamin dan bahan lain yang sangat susah dicari. Bahkan kalau dihitung pengeluarannya, pakan home made bergizi lengkap bakal butuh dana yang tinggi.

Terserah mau pilih yang mana!

INFO

Air matang

Tak ada makhluk hidup yang tak butuh air. Begitu juga dengan kucing. Air harus selalu tersedia, tempat minum tak boleh kosong. Apalagi bagi meong penyantap makanan kering, “Kadar airnya ‘kan rendah,” ujar Pipit. Air minum yang diberikan harus dimasak terlebih dahulu. Atau gunakan air mineral galon. Air yang enggak bersih dan mentah bisa menyebabkan penyakit pada si manis, semisal diare.

meong3.jpg

One thought on “pakan kucing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s