TANAMAN BERKHASIAT UNTUK WANITA

Ditulis untuk majalah Flona

ADAS (Foeniculum vulgare Mill.)

Flora berkhasiat ini punya banyak nama. Diberbagai daerah di nusantara disebut senbagai das pedas, adeh, manih, hades, adas landi, adhas, paapang, paampas, poopas, denggu-denggu, papaato, porotomo, adasa, rempasu, adase, kumpasi, dan wala wunga. Sementara di Cina dipanggil Hsiao hui. Di Thailand disebut phong karee, jintan manis di Malaysia. Disebut juga fennel atau fenkel oleh orang bule.

Biasa dipakai sebagai bumbu dan tanaman obat. Tumbuh sangat baik di dataran tinggi tapi sebarannya luas dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1800 m dpl. Adas berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Banyak dibudidayakan di indonesia, India, Argentina, Jepang dan berbagai negara di Eropa.

Termasuk tanaman terna yang merumpun dengan tinggi 50-2 cm. satu rumpun biasanya terdiri dari 3-5 batang. Batang berkelir hijau kebiruan, beralur, beruas, berlubang, berbau wangi. Daun majemuk, berseling, bentuk jarum dan berijung runcing. Bunga payung majemuk debgan 6-40 gagang. Panjang ibu gagang 5-10 cm. panjang gagang bunga 2-5 mm. Mahkota bunga berwarna kuning.

Buahnya lonjong, berusuk. Panjangnya 6-10 mm dengan lebar 3-4 mm. buah muda berwarna hijau dan kalau sudah masak berwarna hijau-coklat, kuning-cokelat atau cokelat penuh. Buah yang sudah tua akan mengeluarkan bau aromatik yang khas. Kalau dicicipi rasanya dekat dengan kamfer.

Buah adas mengandung minyak atsiri. Baunya aromatik khas, sedikit manis, pedas dan hangat. Minyak adas (fennel oil) berkhasiat stimulan, karminatif, antibakteri dan antelmik. Daun berbau aromatik dan berkasiat sebagai stimulan, peluruh kencing (diuretik), laktagoga, stomakik dan menerangkan penglihatan. Herba berkhasiat anti-emetik. Akar sebagai pencahar dan diuretik.

Kandungan kimia
·Adas mengandung minyak atsiri (Oleum feoniculi) 1-6%.
·Anetol 50%.
·Fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anilaldehid, asam anisat 20%.
·Minyak lemak 12 %
·Akar mengandung berpagten. Akar dan biji mengandung stigmasterin (sesposerin).

PULOSARI (Alyxia stellata)

Tanaman merambat ini dikenal juga dengan nama Palasan. Termasuk dalam keluarga Apocynaceae. Tumbuh di hutan pegunungan di Indonesia. Kulit batangnya berwarna putih, dan beraroma wangi yang khas. Kalau dicicipi rasanya pahit. Banyak tumbuh liar di hutan dan di ladang-ladang di daerah pegunungan. Batang pokok besarnya bisa sebesar lengan. Kayunya berwarna putih, tidak pejal dan tidak keras. Dari pokoknya muncul batang-batang yang tak berdaun, kecuali pada ujungnya.

Dalam pengobatan pulosari sering dikombinasikan bersama dengan adas. Kegunaannya antara lain untuk mengobati sariawan, perangsang nafsu makan dan Obat batuk. Berguna juga untuk obat mulas, kencing nanah (sebagai air masakan) dan demam pada anak-anak (kayunya sebagai obat luar). Kejang usus (kulitnya), darah yang tidak berhenti keluar (kulit dan batangnya), radang lambung juga bisa disembuhkan. Sementara pada wanita sering dipakai untuk perlancar haid tidak teratur, putih telur dalam kencing dan keputihan.

Kandungan Kimia:
Bagian Kulitnya digunakan di apotik sebagai simplex (obat sederhana) dengan nama Cortex Alyxiae, yang berbentuk pipa, tebalnya sekitar 4 mm, berwarna kuning-muda dan wangi. Kulit batangnya mengandung zat-zat : zat samak, kumarin, zat pahit dan zat alkaloida. Kulitnya juga mengandung coumarin dengan wangi tertentu dan tannin.

SELEDRI (Apium graveolens)

Seledri adalah tanaman setahun atau dua tahun yang berasal dari daerah subtropis. Untuk berkecambah, seledri memerlukan temperatur antara 9-20 derajat C, sedangkan untuk pertumbuhan selanjutnya diperlukan suhu udara 15-24 derajat C. Kelembaban optimum berkisar antara 80-90%. Lahan dengan penyinaran cahaya matahari yang cukup. Curah hujan optimum berkisar 60-100 mm/bulan karena seledri kurang tahan air hujan.

Sejak lama dipakai untuk penurun demam anak-anak. Khasiat seledri cukup banyak semisal diuretik kuat, untuk menurunkan tekanan darah, retensi cairan, pembengkakan jantung. Stimulan/ tonik untuk hati dan ginjal, tiroid dan kelenjar pitutary. Moisturizer (pelembab), expectorrant, anti-spasmodik di otot dan usus, sedatif , lithotropic (penghancur batu), anti inflamasi untuk arthritis, rematik, mencuci darah dan asam urat. Bagian yang dipakai adalah akar, batang dan biji.

Jus seledri selain berkhasiat bagi perempuan yang mengalami nyeri sewaktu haid, keputihan dan gangguan pada masa menopause juga dapat mengatasi frigiditas dan meningkatkan daya seksual perempuan. Hal ini karena seledri dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu rileksasi otot polos.

Kandungan kimia:
Fitofarmaka: alfa-pinene, apigenin, bergapten, beta-karoten, caffeic acid, Carvone, chlorogenic acid, eugenol, ferrulic acid, isoquercitrin, Limonene, linalool, luteolin, manitol, myristicin acid, rrutin, Luteolin, p-acid cumarin, scopoletin, shikimic acid, thymol.

Nutrisi: asam amino, boron, kalsium, cholin, folat, asam lemak esensial Inositol, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, germanium Selenium, sulfur, zink, vit.A, B1, B2, B3, B5, B6, C, E dan K.

BAWANG PUTIH (Allium sativum Linn.)

Bawang putih adalah herba semusim berumpun yang memiliki ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam diladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari.Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang) dan berakar serabut. Bunganya berwarna putih.

Garlic, begitu orang bule menyebutnya punya banyak manfaat kesehatan. Antara lain untuk mengobati hipertensi, Sakit kepala, flu, disentri, batuk rejan dan bronkhitis. Selain itu dipakai juga dalam penyembuhan borok, Bisul yang baru tumbuh, luka terkena benda tajam berkarat. Bahkan nyeri haid pun bisa hilang dengan bawang putih.

Berguna juga untuk membasmi penyakit cacingan, migrain, perut kembung, kolera, sakit maag, asma, batuk dan masuk angin. Ambeien, cantengan, lemah syahwat (umbinya), dan gigitan serangga beracun juga memakai bawang putih dalam pemulihannya.

Bawang putih dapat menambah dorongan seks dan meningkatkan sirkulasi darah dalam daerah reproduksi baik pria atau wanita yang dapat mempercepat rangsangan seksual. Rumusan ini dapat mengobati impotensi dan frigiditas

Kandungan & Manfaat:
Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan anti septik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Umbi batang mengandung zat-zat:
·Kalsium (bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi)
·Saltivine (bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan saraf).
·Diallysulfide, alilpropil-disulfida (anti cacing).
·Belerang.
·Protein.
·Lemak.
·Fosfor.
·Besi.
·Vitamin A, B1 dan C.

Jahe (Zingiber officinale L.)

Termasuk herba, tumbuh tegak dengan tinggi sekitar 30-60 cm. Batang semu berwarna hijau dan beralur. Daun tunggal dan berkelir hijau. Helaian daunnya lanset dengan tepi rata dan meruncing diujungnya. Daun bisa mencapai panjang antara 20-40 cm dengan lebar 2-4 cm. Akarnya serabut dengan warna mendekati putih. Berimpang berbentuk cabang-cabang. Warna luar kuning pucat kecoklatan. Rimpang berbau khas, dan rasanya pedas menyegarkan. Rimpang adalah bagian yang dimanfaatkan.

Mudah tumbuh di tempat dengan matahari langsung maupun tempat yang agak redup. Tetap tumbuh pada tanah padat, kering ataupun gembur, di kebun dan di pekarangan. Penyebarannya mulai dari dataran rendah sampai ketinggian lebih dari 900 m dpl. Bisa ditemui di daerah tropis dan subtropis, antara lain di India, Malaysia, Cina, di negara-negara Mediteranian dan Afrika.

Secara tradisional berguna untuk berbagai macam penyakit. Semisal sakit kepala, masuk angin, untuk memperkuat lambung (sebagai stomachikum), dan menambah nafsu makan (stimulansia). Juga digunakan untuk mengobati rematik, kolera, difteria, neuropati, sebagai penawar racun ular, dan sebagai obat luar untuk mengobati keseleo, bengkak dan memar. Kombinasinya dengan kunyit dan lakci, atau dengan lada hitam dan jintan dipakai untuk membangkitkan gairah wanita figrid.

Kandungan kimia:
Rimpangnya mengandung minyak atsiri yang terdiri dari senyawa-senyawa seskuiterpen, zingiberen, zingeron, oleoresin, kamfena, limonen, borneol, sineol, sitral, zingiberal, felandren. Disamping itu terdapat juga pati, damar, asam-asam organik seperti asam malat dan asam oksalat, Vitamin A, B, dan C, serta senyawa-senyawa flavonoid dan polifenol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s