Rumput Laut Cokelat Menurunkan Gula Darah

Ditulis dan dimuat di Majalah Flona

Rumput laut sebenarnya adalah ganggang alga (algae) berbentuk poliseluler dan hidup di laut. Ganggang sendiri terdiri dari empat kelas, yakni ganggang hijau (Chlorophyceae), ganggang biru (Cyanophyceae), ganggang merah (Rhodophyceae), dan ganggang coklat (Phaeophyceae). Ganggang hijau dan biru bisa juga ditemukan badan air tawar. Sementara ganggang coklat dan merah, hampir secara eksklusif hanya tumbuh di laut. Ganggang coklat dan merah inilah yang kemudian disebut dengan nama rumput laut (seaweed)

Pemanfaatkan rumput laut telah banyak dilakukan untuk bermacam tujuan. Termasuk sebagai pangan sekaligus kesehatan. Beberapa genus yang banyak diperdagangkan antara lain gracilaria, gelidium, gelidella dan gelidiopsis sebagai bahan baku agar-agar. Ada juga Eucheuma dan hypnea untuk bahan baku karaginan. Sementara sargassum dan turbinariadipakai sebagai bahan pembuatan alginat.

Sebagai makanan, secara tradisional rumput kerap dijadikan lalapan dan sayur. Juga dibuat menjadi semacam manisan. Sekarang jenis produknya lebih beragam dari mulai asinan sampai salad dan soup. Belakangan minuman segar macam es rumput laut yang kebanyakan memakai bahan gracilaria atau eucheuma juga mulai beken.

Rumput laut sebenarnya merupakan sumber gizi yang bagus. kandungan utamanya adalah karbohidrat, protein, dan sedikit lemak. Beberapa jenis bahkan dilaporkan memiliki kandungan vitamin seperti A, B1, B2, B6, B12, dan C. Ganggang laut juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, kalsium, fosfor, natrium, zat besi dan Iodin.

Manfaatnya bagi kesehatan juga sangat menjanjikan. Penelitian dari Departemen Kesehatan Jepang menunjukkan bahwa kadar serat tinggi terkandung dalam agar-agar. Sehingga disarankan untuk dikonsumsi sebagai pencegah kanker usus, wasir dan mencegah kegemukan. Alga coklat sebenarnya sudah cukup lama dipakai sebagai bahan obat. Semisal sargasum yang dipakai sebagai antipiretik. Selain itu Sargassum juga memiliki zat yang dapat berfungsi sebagai antibakteri, antitumor, antihipertensi dan obat gangguan kelenjar tiroid alias gondok.

Penelitian di Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan menunjukkan rumput laut coklat, berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah. Pemberian pemberian natrium-alginat dari rumput laut coklat jenis Sargassum filipendula, kepada hewan coba mampu menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan.

KOMPOSISI KIMIA RUMPUT LAUT

Jenis Kandungan (%)
Karbohidrat protein Lemak Air Abu Serat
Euchema cottoni 57,52 3,46 0,93 14,96 16,05 7,08
Sargassum sp. 19,06 5,53 0,74 11,71 34,57 28,29
Turbinaria sp. 44,90 4,79 1,66 9,73 22,54 16,38
Padina sp. 39,12 4,74 0,96 10,74 41,50 3,04
Gracilaria sp. 41,68 6,59 0,68 9,38 32,76 8,92

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s