hobi kelomang

Hobi Kelomang

Pasir Tebal dan Air Tawar

Pengin piara kelomang biar awet dan tak cepat mati? Bisa kok, caranya juga enggak rumit. Semisal yang dilakukan Martha susanti. Lebih dari 100 ekor kelomang bisa hidup bertahun-tahun.

Barangkali banyak yang beranggapan kalau kelomang hanyalah piaraan para bocah. Namun bagi Martha Susanti piara kelomang justru sangat mengasyikkan dan menantang. Maklum saja biasanya kelomang hanya bertahan beberapa hari lantas mati karena salah rawat. “Awalnya saya juga gitu, ilang atau mati melulu. Lantas saya banyak belajar dari buku dan internet, sekarang hampir tak pernah ada yang mati lagi” ujar Martha bangga. Pecinta kelomang yang tinggal di Menteng, Jakarta Pusat merasa kelomang adalah satwa unik. Tampang lucu, kelir beragam, cangkangnya juga tak kalah cantik. Memang kelomang tak bisa diajak bermain seperti anjing atau kucing. Kebanyakan mencapit kalau dipegang. “Saya tertarik perhatiin tingkah laku mereka. Dan kalau diliatin mereka juga suka liatin balik kayak ngerti gitu,” aku alumnus Fakultas Ekonomi, Universitas Trisakti.

Media pasir tebal

Siapkan tempat tinggal yang nyaman, kalau pengin adopsi kelomang. Biasa disebut crabitat, singkatan dari crab habitat. Paling mudah memakai akuarium. Jumlah kelomang yang bisa dipelihara tergantung luas akuarium. Semisal akuarium ukuran 60 cm maksimal menampung 10 kelomang berdiameter sekitar 3 cm. “Supaya kelomangnya punya ruang untuk jalan-jalan,” terang Martha.

Crabitat lantas diberi media pasir laut. Banyak kok dijual oleh pedagang ikan hias. Pasir berfungsi untuk mengubur diri waktu molting alias ganti kulit. Saat molting bagian tubuhnya sangat lunak. Kalau enggak bersembunyi bisa mati karena diserang temannya. “Kelomang sangat rentan mati waktu ganti kulit. Makanya pasir harus tebal, paling aman ya sekitar 10 cm,” ujar Martha.

Crabitat bisa dihias dengan batu karang dan ornamen kayu. Bisa juga ditambah dengan ranting pohon dan tanaman. Selain menambah cantik, juga mewadahi hobi memanjat si kepiting pertapa. Kelomang memang suka banget memanjat. Semisal Sirius, kelomang indos kesayangan Martha, yang suka banget mejeng di atas ‘singgasana’ dari ornamen kayu. “Kalau sudah nangkring, bisa sampai sore enggak turun-turun,” ujarnya.

Butuh air tawar

“Oya, jangan lupa selalu sediakan air tawar dalam crabitat,” kata Martha mengingatkan. Kelomang butuh minum seperti mahluk hidup lain. Untuk menjaga kelembapan tubuh, kelomang juga akan menyimpan air dalam cangkang. Di habitat asli, kelomang mencari embun di rumput dan pepohonan. Mereka suka banget udara lembap. Semisal habis hujan, mereka akan jadi lebih aktif. Coba saja spray sedikit air, mereka bakalan senang.

Soal makanan sangat bervariasi, soalnya kelomang adalah satwa omnivor alias pemakan segala. Menu favoritnya adalah kelapa. “Kelomang yang hidup di pantai memakan buah kelapa yang jatuh dari pohon,” terang Martha. Kelomang suka buah yang berbau harum. Semisal semangka, tomat, pepaya, mangga dia suka. Kalau sayur, kelomang paling doyan selada.

Kelomang doyan juga makan hewan-hewan kecil. Apalagi kalau dapat menu udang pasti berebutan. Bau udang yang khas akan mengundang kelomang untuk datang menyantap. “Saya suka kasih udang goreng. Kalau dikasih mentah crabitatnya jadi bau amis,” ujar Martha.

Sekarang Martha menyiapkan bak akrilik bulat berdiameter 3 m. lantas didesain jadi crabitat menyerupai pantai. Separuh pasir dan separuh air laut yang berfilter. Kelomang bakal merasa nyaman seperti di alam asli. “Saya siapkan khusus supaya kelomang nyaman dan bisa berkembang biak. Dan bisa melepas telurnya ke air, semoga mau menetas,” terangnya.

Good luck deh Martha!

Kelomang asli Tanah Air

Coenobita brevimanus. Kelomang khas Indonesia. Beken dengan sebutan Indos atau Indonesians. Umumnya berwarna ungu. Ada juga warna lila, pink, ungu muda dan coklat. Bodinya bisa lebih besar jenis lain. Capitnya yang besar dan mata bulat dan silinder.

Coenobita perlatus. Berwarna merah menyala dengan hiasan bintik-bintik putih. Dikenal sebagai kelomang strawberry. Dianggap paling cantik dan banyak disuka. Agak sulit ditemukan. Paling susah dipelihara karena lebih sensitif perubahan lingkungan.

Coenobita rugosus. Paling banyak di pantai Indonesia. Banyak dijual di depan sekolah. Warna beragam, coklat, abu-abu dan hitam, putih, krem, pink, orange muda, biru muda, ungu, sampai merah. Punya tekstur garis-garis di sisi depan capit besar sebelah kiri.

Coenobita cavipes. Kelir kombinasi hitam-biru dan hitam-abu abu. Ada juga yang merah. Bentuk capitnya langsing memanjang. Anntenule berwarna merah terang. Jumlahnya tak sebanyak rugosus dan brevimanus.

Coenobita violascens. Pernah dianggap hanya ada di Jepang. Tapi violascens juga ditemukan di Indonesia. Berwarna ungu, mata pipih dan mencuat. Bentuk kakinya langsing memanjang hampir mirip dengan cavipes. Ujung anntenule berwarna merah terang.

TIPS

Perawatan rutin

  1. Sediakan cangkang (shell) cadangan yang lebih besar. Brevimanus suka cangkang keong turbo. Sementara violascens suka cangkang panjang.
  2. Bersihkan media pasir, kalau sudah kotor dan jamuran. Cuci dengan air bersih, jemur sebentar lantas bisa dipakai lagi.
  3. Bersihkan kotoran kelomang secara rutin. Bentuknya hitam kecil, kadang langsung tercampur pasir.
  4. Ganti makanan dan minuman setiap hari, supaya higienis tidak mengundang penyakit.

60 thoughts on “hobi kelomang

  1. thks pepi dan okke. sori kalau replynya lambat. ada yg tertarik jg ternyata. boleh piara tapi yg bener2 ya, pelajari dulu karakteristiknya. kan sayang kalau piara tar terus mati. Di jakarta sebenarnya cukup banyak petshop yang jual. Dulu Savera Petshop di Jl. Kartini salah satu yang banyak jual. Coba deh tengok ke sana. gud luck pepi& okke

  2. Saya dulu pernah pelihara kelomang tapi kenapa umurnya tidak lama ya ? Biasanya saya hunting kelomang di sekolah-sekolah selain harganya lebih murah kalo lagi beruntung dapet jenis-jenis yang bagus,sekarang saya sedang mempersiapkan tempat untuk pelihara kelomang lagi

  3. Wah asyik neh postnya, aku jg mau melihara kelomang lg nyiapin crabitatnya nih.
    Kalo sdh jadi baru deh hunting kelomangnya, hehe
    thanks infonya…

  4. makasih infonya. ceritanya aku kedatengan tamu ga diundang di rumah, yaitu kelomang. ga tau darimana, ga tau punya siapa, tiba2 dia dateng aja tuh ucluk-ucluk kayak tukang nasi goreng yg narik gerobak… kasian juga sih. daripada mati ga jelas, yaudah aku piara asal2an. eehh.. ga mati2 juga uda 3 hari. jadi, terusin aja deh diseriusin, makanya aku cari info gimana miaranya. oya, kelomangku blm dikasih nama lho.. teman2 ada yg mau aku repotin utk pilihin nama??? thanks.

    • warnanya apa, kak? udah dikasih nama, blom? kenalin, namaku charlotte. bisa dipanggil lotte karena aku suka makan bubble gum, bisa vexia. bye!

  5. Lapor! saya punya 6 lho!! Udah sebulan lebih alhamdulillah kgak apa2, bahkan 2 diantaranya sukses ganti kulit alias molting! seneng!
    tapi naga-naga nya bakal ada yang mo molting lagi deh,,kangen kalo mereka udah mulai molting gitu, kgak bkal keluar dari pasir!

  6. wah tipsnya berguna bgt, saya langsung cari pasir buat keong2ku. Untung sebelah rumah ada yg lagi renovasi, aku ambil aja pasir kalinya. Aku ibu RT 43 th anak2ku SD, suka bawa pulang keong habis sekolah. Eh, jadi aku yg rajin melihara deh. ohya, Kalo hbs dikasih buah suka terus dikerumunin lalat2 kecil, padahal belum sehari. Apa bahayanya binatang2 kecil itu thd keong? kalau tempatnya aku tutupin ntar keongnya nggak bisa napas?

  7. jujur juga dech gw dah punya 6 ,masih belom tau cara peliharanya,kemarin ada yang mati 1,padahal yang paling gede…btw mau tanya kelomang itu bisa di ajak hangout ga seh…apa bakalan strees kalo diajak hangout…pliz direply cepat,soale bokin suka bawa2 kelomangnya kemana2….

  8. wow!! aku baru beli kelomang di skul. dan pedagangnya kurang tahu tentang kelomang. jadi, ya aku memutuskan untuk cari di internet aja. eh, ketemu, dech! duh, thanks banget, ya. udah ngasih aku ide untuk memelihara kelomang! lagipula, aku udah punya 3 kelomang, truz takut mati satu dan yang lainnya ketularan. namanya goldie (warnanya orange keemasan), leafy (warnanya ijo daun), choco (warnanya kecokelatan). lucu banget, dech! aku mau melihara lebih banyak lagi, ach!

  9. gimana caranya mau ganti nrumah kelomang scara tidak paksa,soalnya sy mau gantiin rumah kelomang yang udah usang,ma sy dah dibuatin dari cangkang laen tapi sdah direkayasa dengan hiasan,trims

  10. saya dapat kelomang dari pulang lombok di NTB (abiz berlibur kemaren)
    terus saya bawa ke jakarta, tepatnya yah di rmh saya :D

    kelomang yg saya punya ini, kelomangnya sedikit stress (sebelumnya dia suka beraktifitas, setelah di bawa pulang menjadi diam saja) karena mungkin waktu saya ambil dari pulau lombok menggunakan botol aqua, dan sering terguncang waktu naik mobil dan naik pesawat waktu pulang ke jakarta

    bagaimana cara mengatasinya yah??
    dan kolam yg bagaimana yg cocok untuk kelomang
    thanks before :D

  11. wah telat baca artikel ini nih^^
    br skitar 2-3 minggu yg lalu miara klomang, gara2nya spupu mau dipiara bwt dibawa ke jkt tp lantas malah ketinggalan dirumah saya
    ada 3 ekor dan gede2, yg paling gede cangkangnya kekecilan, dia ga bisa menyembunyikan badannya di dlm cangkang
    stiap hari dikasi makan, pernah dikasi nasi, pepaya, kelapa, pir, rendang
    tapi kok kyk ga dimakan, kayak masi utuh gt *kecuali rendang, kata bokap c rendangnya dimakan*, trus dikasi air jg di tempat makannya tapi kok kayaknya ga diminum
    jadi bingung, susah dikasi makan
    krn blm ada pasir untuk habitatnya jd mereka kalo siang2 ngumpet di pot bunga di taman kecil dlm rumah, sampe membenamkan diri, kalo malam br terdengar beraktivitas
    gimana yah caranya supaya mereka mau makan, takutnya tar mati >_<;

    oh ya, krn jarak antara pot dan lantai cukup tinggi *untuk kelomang* ada satu ekor yg suka jatoh, akibatnya cangkangnya pecah2, trus terakhir dilihat bagian bokongnya pecah dan terbuka, tapi bingung disini gatau mau cara pengganti cangkangnya dimana T_T

  12. wah thanks banget..ya,…atas infonya………dari dulu aq mau pelihara kelomangtapi g kesampaian soalnya kata temen2 cepat mati……thanks

  13. artikel ini guna bgt,,,biasanya aq bli kelomang di skolah,,harganya cuma gopek sampe seceng…
    oia,,dimana kita bs nyari cangkang yg bru??

  14. Salam Kenal

    Apabila bapak/mas/akang/abang berminat membeli kelomang dari berbagai jenis dan ukuran,silahkan hubungi Paski Hidayat No HP 081210063658 atau kontak ke email saya : hd_fasci@yahoo.com

    Nb: Kami melayani pembelian bijian dan kiloan (kg).
    kelomang kami berasal dari Kepulauan Enggano (Bengkulu) dan Kepulauan Mentawai (Sumbar)

    Terimakasih

    Paski Hidayat
    081210063658

  15. Bagi bapak/ ibu yang ingin membeli dan memlihara kelomang dari berbagai jenis (khusus peliharaan) biasanya jenis Strawberry ( ceonobita Perlatus) dan kelomang Ungu ( Coenobita Brevimanus), dan Kelomang Keriput (Coenobita Rugosus) silahkan hubung saya 081210063658. atau pesan via email: kelomangpaski@yahoo.com atau lewat facebook kami Prakarsa kelomang.

  16. wah..bagus juga tuh tipsnya . soalnya ade a sua pelihara kelomang gitu dan adang mati melulu . jadi kesannya nyisa banget . mash yap .

  17. gue punya stock kelomang gan,,,
    harga dari 5.000 sampek 50.000.lokasi di semarang gan.
    bisa dikirim keluar kota kok.
    tertarik hub 085 747 7070 33

  18. hari ini aku dapet 3 kelomang dari ayah, kecil sih, cuma sebesar jempol tangan, tapi lucu bgt, karena ga tau cara pelihata,buka google, nemu artikel ini, makasih ya…bantu bgt…:D:D

  19. eh bisa dikasih gambarnya gak media “bak akrilik bulat berdiameter 3 m.” yang dikasih air laut ama pasirnya pingin coba buat ini?

  20. Kebetulan anak laki2ku yg berusia 3,5thn sgt suka kelomang,awalnya sih geli kayak aku,tpi sekarang dia menjadi berani dan suka bermain kelomang.Koleksinya skrg dah ada 5 lho,untungnya walau dah sebulan pelihara,kelomangnya msh hidup semua.

  21. terimakasih infonya.
    saya punya dua yang stroberi beli di lap banteng, sekarang bajunya kekecilan. Dimana ya cari cangkang/baju kelomang yang bagus?

  22. wah besok beli perlengkapannya nih biar kelomangku awet dan tahan lama, terus kl beli rumah kelomang kebanyakan kalogk salah di tukang ikan ya? nanti aku mau beli pasir pantai sama kelapa parut, kayu kesukaan kelomang, serta makanannya pokoknya nanti aku komplitin deh kasian nih kelomang aku tinggal terdampar :v

  23. saya punya kelomang di rumah ada 9. Yang satu udah keluar cang kang tapigak punya cangkang yg kosong. Cara dapetin cangkangnya gimana? klo bli di jakarta di mana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s